• gambar
  • gambar
  • Gambar atas
  • Gambar atas
  • Baner atas

Selamat Datang di Website SMP KATOLIK ADISUCIPTO. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMP KATOLIK ADISUCIPTO PENFUI

NPSN : 50305002

Jl. Adisucipto Penfui, Maulafa, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur


info@smpkatolikadisucipto.sch.id

TLP : 0380-8800853


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana Menurut Anda Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada saat Pandemi?
Kurang setuju
Setuju
Sangat Setuju
Tidak setuju
  Lihat

Statistik


Total Hits : 291587
Pengunjung : 139624
Hari ini : 16
Hits hari ini : 148
Member Online : 441
IP : 3.236.232.99
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

  • MARIA GIZELA SOARES (Siswa)
    2021-03-01 08:52:55

    Fokus kepada Profile saya!
  • MARIA GIZELA SOARES (Siswa)
    2020-12-15 06:52:28

    Gg kan
  • Maria Febriani Nada, S.Pd (Guru)
    2020-12-09 09:03:46

    undefined
  • CATRINE GRACE SAPANG (Siswa)
    2020-12-07 04:51:06

    Apa yang Anda pikirkan?
  • Maria Febriani Nada, S.Pd (Guru)
    2020-12-02 16:12:54

    undefined
  • CATRINE GRACE SAPANG (Siswa)
    2020-12-01 17:45:46

    Apa yang Anda pikirkan?
  • CATRINE GRACE SAPANG (Siswa)
    2020-12-01 13:58:57

    Apa yang Anda pikirkan?
  • CATRINE GRACE SAPANG (Siswa)
    2020-12-01 12:18:29

    Apa yang Anda pikirkan?
  • CATRINE GRACE SAPANG (Siswa)
    2020-12-01 12:16:17

    Apa yang Anda pikirkan?
  • CATRINE GRACE SAPANG (Siswa)
    2020-11-30 16:39:57

    Apa yang Anda pikirkan?

MPLS DALAM COVID’19 “ALA” SPEKACIPTO




MPLS DALAM COVID’19 “ALA” SPEKACIPTO

 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau sering disebut MPLS, merupakan kegiatan yang mempertemukan peserta didik baru dalam suatu lembaga pendidikan untuk saling mengenal satu sama lain baik peserta didik dengan peserta didik, peserta didik dengan guru maupun peserta didik dengan Lingkungan sekolah termasuk segala bentuk kebiasaan, yang sudah tertanam lama dalam satuan pendidikan tersebut.

            Pada tahun tahun sebelumnya pelaksanaan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan sekolah biasanya berlangsung dengan sangat meriah dan antusias karena bagaimanapun juga kegiatan ini adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh setiap satuan pendidikan sebagai salah satu bentuk atau wujud persiapan bagi peserta didik khususnya peserta didik baru untuk memulai tahun pelajaran baru pada suatu lembaga pendidikan baik dari tingkat TK sampai tingkat perguruan tinggi yang walalupun nama kegiatannya berbeda beda sesuai dengan jenjang pendidikannya, misalnya pada jenjang SMP namanya MPLS.

            Tidak seperti pada tahun tahun sebelumnya, ada hal yang berbeda dalam pelaksanaan Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan sekolah pada tahun pelajaran 2020/2021 dimana pelaksanaan kegiatan tersebut tidak semeriah dan seantusias seperti pada tahun tahun sebelumnya. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dunia saat ini sedang dihadapkan pada suatu pandemic yang mengancam segala bentuk kehidupan sosial masyarakat termasuk kehidupan sosial pada lembaga pendidikan, yang mengakibatkan segala bentuk kegiatan dalam lembaga pendidikan dibatasi. Hal ini merupakan pertama kali dalam sejarah penulis bekerja dalam sebuah lembaga pendidikan yang mengharuskan semua orang termasuk peserta didik untuk selalu berada di rumah karena ulah si COVID’19 ini. Hal ini memang sungguh meresahkan warga dunia, namun kita tidak boleh menyerah dengan keadaan, lebih baik kita menyalakan lilin dari pada menyalahkan kegelapan, hal inilah yang mendorong SMP Katolik St. Agustinus- Adisucipto Penfui Kota Kupang, untuk selalu berusaha memberikan yang terbaik bagi peserta didik terutama peserta didik baru Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, dalam hal ini Gugus Bidang penanganan COVID’19, Pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru pada SMP Katolik St. Agustinus Adisucipto Penfui Kota Kupang bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Tentu saja keberhasilan pelaksanaan MPLS pada SMP Katolik St. Agustinus Adisucipto Penfui Kota Kupang pada tahun pelajaran 2020/2021 ini tidak lepas dari peran serta seluruh warga sekolah termasuk panitia PPDB dan kerja sama dan komunikasi yang dibangun secara baik antara pihak sekolah dan orang tua peserta didik. Walaupun Pelaksanaan kegiatan MPLS ini hanya menitikberatkan pada kegiatan kegiatan yang dianggap urgen oleh pihak sekolah, dimana materi materi yang diberikan kepada peserta didik hanya materi yang berhubungan langsung dengan proses pembelajaran yang akan diterapkan pada saat pandemic covid ’19 seperti penerapan Sistem Pembelajaran jarak Jauh (Daring), Pengenalan Kurikulum 2013 serta kegiatan Kepramukaan.

            Proses pelaksanaan kegiatan MPLS ini juga menjadi perhatian serius pihak sekolah yang mana mekanisme pelaksanaannya dilakukan secara bertahap yaitu per rombongan Belajar. Terdapat empat rombongan belajar yang merupakan kuota yang ditetapkan oleh sekolah khusus bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2020/2021, dan pelaksanaan kegiatan MPLS tersebut dilangsungkan selama 4 hari yaitu dari tanggal 15 sampai 18 Juli 2020 dengan durasi kegiatan perhari selama 4 jam per rombongan belajar. Hari pertama dimulai dengan rombongan belajar VIIA yang dibagi lagi kedalam tiga kelompok kecil yang terdiri 11 peserta didik per kelompok. Tiga kelompok tersebut ditempatkan pada masing masing ruang kelas yang berbeda dengan agenda yang berbeda pula. Demikian juga dengan rombongan belajar yang lain yaitu VIIB, VIIC dan VIID.

Hal yang menjadi tantangan baik bagi pihak sekolah, orang tua, maupun peserta didik adalah penerapan sistem pembelajaran jarak jauh lewat dalam jaringan (Daring), dimana semua pihak baik guru, orang tua dan siswa dibekali dengan pengetahuan mengenai pembelajaran Daring melalui Bimbingan Teknis (BIMTEK) khusus untuk pelaksanaan Pembelajaran Daring tersebut yang dilakukan oleh pihak sekolah. Kegiatan tersebut merupakan agenda utama kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru termasuk orang tua peserta didik. Kegiatan Bimtek ini mendapat respon positif dari pihak orang tua terlihat dari jumlah orang tua peserta didik yang hadir dalam pertemuan singkat dengan pihak sekolah cukup banyak yang walaupun kegiatannya dilaksanakan pada sore hari dari pukul 16.30 – 19.00 wita mulai tanggal 15 sampai 18 Juli 2020 namun hal tersebut tidak melemahkan semangat para orang tua peserta didik terutama dalam mendukung pihak sekolah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring. Pihak Sekolah menyadari peran serta dan dukungan para orang tua sungguh luar biasa untuk itu pihak sekolah sangat mengapresiasi atas semuanya itu, sebagaimana yang disampaikan oleh Romo Yonas Kamlasi, S.Fil.M.M (Kepala SMP Katolik St. Agustinus Adisucipto Penfui) dalam pertemuan dengan orang (15-18/07/2020). Dalam Pertemuan tersebut Beliau menekankan bahwa ada tiga tiang agung pendidikan; tiang agung yang pertama adalah Guru dan tiang agung yang kedua adalah orang tua dan tiang agung yang ketiga adalah siswa, lebih lanjut Beliau menyampaikan bahwa untuk kondisi saat  pandemic covid’19 ini, tiang agung yang memiliki peran paling besar adalah tiang agung orang tua, terutama dalam mempersiapkan segala keperluan anak anaknya untuk mengikuti pembelajaran daring yang diterapkan oleh pihak sekolah dalam kondisi pandemic covid’19 saat ini.

Dengan berakhirnya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun pelajaran 2020/2021 pada SMP Katolik Adisucipto Penfui Kota Kupang, memberikan keyakinan yang penuh terutama kepada pihak sekolah bahwa pelaksanan Pembelajaran daring pada tahun ajaran 2020/2021 bisa berjalan dengan baik, hal tersebut terlihat dari data yang dihimpun oleh bagian Administrasi sekolah bahwa jumlah peserta terbanyak yang aktif dalam proses pembelajaran daring adalah siswa kelas VII kemudian disusul oleh kelas VIII dan Kelas IX. Sampai dengan diterbitkanya artikel ini hampir 98 % Peserta didik SMP Katolik Adisucipto Penfui Kota Kupang terlibat aktif dalam pembelajaran daring yang berbasis website sekolah. Tentu saja keberhasilan ini merupakan wujud tanggung jawab pihak sekolah yang bekerja sama dengan siswa dan orang tua untuk bersama sama mencerdaskan anak anak bangsa yang ditipkan pada Lembaga Pendidikan SMP Katolik St Agustinus Adisucipto Penfui Kota Kupang.

Terima Kasih dan Salam Sehat!!

 

Penulis

Dion Agung

 

 




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :

Pengirim : Rm Yonas Kamlasi -  [yonas.kamlasi@yahoo.com]  Tanggal : 06/08/2020
Luar biasa Pak Dion... Narasi berbentuk info positif dlm situasi ini sgt penting. Tujuannya adalah slg menguatkan satu sama lain... Trm ksh n trus maju u mengembangkan diri. Santo Agustinus mendoakan...


   Kembali ke Atas